RT 02 Batu Kapal Gelar Pagelaran Seni Budaya

Suasana kawasan Batu Kapal sabtu malam, 30 Oktober 2021 tak seperti biasanya dengan ramainya warga berkumpul di halaman kediaman Ibrahim Ketua RT 02 Batu Kapal. Warga antusias menyaksikan pertunjukan seni budaya tradisonal berupa Zapin, Hadrah dan Ayam Sudur yang dimainkan oleh seniman yang berasal dari Kelurahan Bandarsyah dan Desa Batu Gajah.

Meskipun para pemain musik tradisional itu tidak lagi terlihat muda, namun semangat para seniman sepuh itu tetap menggelora untuk menampilkan sebuah seni tradisi yang diiringi para penari yang didominasi perempuan usia muda belia. Mereka dengan lincah dan cekat bergerak indah mengikuti irama musik yang dimainkan.

Ibrahim Ketua RT 02 yang baru saja terpilih 1 bulan lalu menggantikan Nanang Kusuma yang mundur diri sebagai Ketua RT setempat, yang memprakarsai acara tersebut. Dalam sambutannya, Ibrahim menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghibur warga yang haus akan hiburan pertunjukan seni budaya sambil memberikan sosialisasi bahwa kesenian ini masih eksis di tengah gempuran teknologi dan zaman.

Lurah Ranai Kota Syuparman yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan dalam sambutannya memberikan apresiasi yang sitinggi tingginya kepada Ketua RT 02 Batu Kapal yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan ini sehingga disambut antusias warga.

“Ini merupakan langkah awal kita dalam menjaga khazanah seni tradisi budaya kita. Saya berharap kesenian ini masuk dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah agar generasi kita paham akan seni tradisi daerah supaya tetap lestari dari generasi ke generasi”, ujar Syuparman.

Riuh rendah tepuk tangan penonton serta canda tawa warga menandakan mereka puas apa yang telah disuguhkan para seniman tradisional tersebut. Semoga silaturahmi kita terus terjaga melalui seni budaya.

 

Perahu berlabuh di selat nasi,
Nelayan naik bawa ikan pari.
Menjaga seni menjaga tradisi,
Tunjukkan jatidiri anak negeri.